Pemesanan Pembuatan Kaos, Baju Kerja, Jaket Angkatan, Almamater, dll

Panel Upload Ebook

Kamis, 02 Juni 2011

MENJADI EKSPORTIR NO 1! (PART 4)

Oleh Irijanto
DOKUMEN YANG LENGKAP
Saat semua hal diatas sudah hati-hati dievaluasi oleh Anda, langkah berikutnya adalah mendapatkan dokumen yang dibutuhkan untuk menyelesaikan prosedur ekspor. Ada beberapa dokumen dasar yang sangat penting bagi semua eksportir.
Pertama-tama, adalah lisensi ekspor. Tidak semua ekspor barang atau jasa perlu ijin ekspor, tetapi barang-barang tertentu seperti makan dan bahan kimia membutuhkan lisensi dari Departemen Kesehatan. Sementara untuk produk pertanian, eksportir harus mendapatkan otoritas dari Departemen Pertanian. Jenis lisensi ini biasanya hanya berlaku untuk satu pengiriman.
Selanjutnya pada daftar dokumen yang perlu diselesaikan adalah sertifikat asal, yang sangat penting sebagai eksportir, sampai kemanfaat dari perlakuan tarif preferensial. Setiap negara bertanggung jawab untuk mengeluarkan sertifikat negara asal dan tempat untuk mendapatkannya bervariasi dari satu negara dengan negara lain.
Selain itu, dokumen pengiriman standar juga sangat penting dan harus dipersiapkan sebelum pengiriman. Dokumen tersebut meliputi asuransi, bill of lading/airway bill, invoice, dan packing list. Patut diingat juga, untuk memasukkan ketentuan tentang kewajiban seperti "Freight Collect/Tagihan Muatan" atau "Freight Pre-paid/Muatan Prabayar". Muatan Prabayar artinya bahwa importir sudah membayar biaya pengangkutan, atau sebaliknya importir harus membayar setelah barang tiba.
Ada pula perjanjian lisensi memungkinkan perusahaan asing membeli hak untuk memproduksi dan menjual produk Anda, di negaranya sendiri maupun di negara lainnya. Kemudian, pemilik hak, mendapatkan royalti dari hasil produk yang diproduksi dan terjual. Bisa dibilang ini merupakan strategi pemasaran global yang tidak membutuhkan banyak modal. Namun tidak semua produk bisa dilisensi, syaratnya merek produk Anda sudah mendunia. Sehingga banyak orang tertarik untuk menggunakan lisensi dari merek Anda.

MENJAGA PERTUMBUHAN
Tidak semua hal yang diekspor harus dikirim. Untuk barang tidak berwujud seperti layanan, dapat Anda lakukan melalui internet. Layanan seperti desain dan produk jurnalisme adalah salah satu bentuk yang bisa diekspor ke negara lain hanya dengan mengklik mouse. Meskipun demikian, penjualan jasa online tidak semudah kedengarannya.
Tidak seperti perusahaan yang melakukan penjualan barang berwujud atau nyata, satu-satunya cara pelanggan asing bisa menentukan kredibilitas dari layanan ini adalah melalui informasi tepat yang mereka bisa akses secara online. Artinya, pastikan bahwa Anda memiliki paket situs web dengan informasi yang tepat dan memadai agar klien selalu terkesan. Perusahaan kecil yang ingin mengekspor keluar barang-barangnya juga bisa mendapatkan keuntungan dari jalur internet ini karena merupakan tempat yang bagus untuk mencari klien baru.
Jangan lupa bahwa melakukan ekspor sama seperti perdagangan lainnya. Dengan perhatian yang menyeluruh, kegiatan Anda akan tumbuh dan berkembang. Jadi, lakukanlah penelitian yang simultan dan dibutuhkan, kemudian pastikan untuk mengintegrasikan strategi pertumbuhan berjangka ke dalam strategi bisnis Anda. Tetaplah fokus dan tetap memegang kendali. Jangan terlalu serakah. Selalu ingat untuk mengambil langkah. Bahkan jika Anda menargetkan pasar yang lebih besar, ingatlah untuk memulai dari yang kecil dengan metode satu rantai atau satu kota terlebih dahulu.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More